6 Makanan Khas Kota Kudus yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan




Kamu suka travelling dan suka mencari makanan khas di kota yang kamu kunjungi? Maka, jika kamu jalan-jalan ke wilayah Pantai Utara Jawa, kamu perlu mengunjungi Kota Kudus dan menikmati wisata kuliner berbagai macam makanan khas yang bisa membuatmu ketagihan.

1. Soto Kudus
Belum lengkap rasanya kalau ke Kota Kudus tapi belum makan Soto Kudus. Berbeda dengan Soto di kota lain yang menggunakan suwiran daging ayam atau daging sapi, maka kekhasan Soto Kudus ini adalah menggunakan daging kerbau.

Soto Kudus (IG:@e_ndro)



Penggunaan daging kerbau ini juga tak terlepas dari budaya masyarakat Kudus yang tidak makan daging sapi. Hal ini karena masyarakat Kudus mengikuti ajaran Sunan Kudus di masa lalu yang menghormati umat Hindu, sehingga tidak makan daging sapi yang merupakan hewan suci umat Hindu.  

2. Jenang Kudus
Kamu suka ngemil makanan manis? Maka kamu wajib mencoba Jenang Kudus. Jenang Kudus ini semacam dodol yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah yang dimasak selama berjam-jam. Proses yang cukup panjang dalam pembuatannya ini menjadi simbol jika ingin mendapatkan hasil yang manis maka harus sabar dalam prosesnya.

Jenang Kudus (IG: @yulindanunggala)

Seiring perkembangan zaman, Jenang Kudus kini hadir dengan rasa dan tampilan yang lebih modern. Tak hanya tersedia rasa original saja, tapi saat ini juga tersedia berbagai macam rasa, seperti mocca, durian, susu, strawberry, dan ada juga yang digabungkan dengan cokelat sehingga semakin nikmat.

3. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung (IG: @jakulkudus)
Ingin sarapan dengan makanan khas Kota Kudus? Maka Lentog Tanjung adalah pilihan yang tepat. Makanan ini penampilannya hampir mirip dengan lontong opor, kenapa disebut Lentog Tanjung? Karena makanan ini berasal dari daerah Tanjung, Kudus.
Untuk penyajiannya, Lentog Tanjung disajikan di atas piring kecil yang sudah dialasi dengan daun pisang, selain itu untuk memakan Lentog Tanjung, anda juga disediakan Suru (Sendok dari daun pisang).

4. Garang Asem

Garang Asem (IG: @anitajoyo)
Kamu penggemar makanan pedas? Kalau begitu jangan sampai kamu melewatkan kuliner Garang Asem jika berkunjung ke Kota Kudus. Bahan utama makanan ini adalah potongan daging ayam yang dibungkus daun pisang bersama dengan irisan cabai rawit, belimbing  wuluh, dan bumbu lainnya.
Bungkusan daging ayam kemudian dimasak dengan cara digarang atau dipanaskan di atas bara api. Garang asem cocok dimakan bersama nasi putih saat masih panas.

5. Nasi Pindang
Jika Surabaya memiliki Rawon, maka di Kudus ada Nasi Pindang, meskipun sama-sama menggunakan irisan daging, tetapi bedanya adalah Rawon menggunakan santan, sedangkan Nasi Pindang tidak memakai santan.

Nasi Pindang (IG: @kardiovskuliner)
Penyajian Nasi Pindang ini hampir mirip dengan Lentog Tanjung dengan diletakkan di piring kecil yang sudah dialasi daun pisang. Awalnya Nasi Pindang hanya disajikan untuk acara hajatan saja, namun kamu jangan khawatir, karena seiring perkembangan zaman, saat ini sudah banyak rumah makan di Kudus yang menyediakan Nasi Pindang ini.

6. Nasi Jangkrik
Saat mendengar namanya, bisa jadi kamu berpikiran jika ini adalah jenis makanan ekstrim dengan lauk jangkrik. Tapi jangan salah, makanan ini sama sekali tidak menggunakan lauk hewan jangkrik.

Nasi Jangkrik ini adalah nasi putih dengan lauk daging kambing atau daging kerbau yang dibungkus daun jati. Konon, Nasi Jangkrik ini adalah makanan favorit Sunan Kudus.

Nasi Jangkrik (IG: @oumymuhsanadjie)

Nasi Jangkrik ini hanya ada setiap tanggal 10 Muharram pada acara Buka Luwur (penggantian kain penutup makam Sunan Kudus) di Masjid Menara Kudus. Nasi Jangkrik ini akan dibagikan gratis, biasanya panitia menyediakan hingga lebih dari 25.000 bungkus Nasi Jangkrik.

Jika kamu ingin makan Nasi Jangkrik ini, kamu harus datang ke Makam Sunan Kudus pada tanggal 10 Muharram, selain itu, kamu harus rela antre, karena ada ribuan warga Kudus yang juga ikut antre Nasi Jangkrik ini karena dipercaya membawa berkah bagi siapa saja yang memakannya.

Nah, itu dia 6 makanan khas yang wajib kamu coba jika datang ke Kota Kudus. Makanan khas Kota Kudus tak hanya bikin ketagihan, tapi juga akan mengajakmu menjelajah budaya masyarakatnya lewat rasa setiap makanannya.



Tidak ada komentar