3 Makanan Khas Solo Bernama Unik yang Wajib Dicoba


Apabila kamu datang ke Solo, gak lengkap kalau gak mencicipi beragam kuliner yang ada di kota ini. Ada beberapa makanan khas Solo yang tidak hanya enak, namun juga memiliki nama-nama yang unik. Apa saja makanannya?

1. Sop Manten

Sop Manten (IG: @doyanmasak.id)
Kata ‘manten’ sendiri merupakan bahasa Jawa dari ‘pengantin’. Inilah kenapa makanan ini dinamai Sop Manten. Hal ini karena Sop Manten memang gak bisa lepas dari acara resepsi pernikahan masyarakat Solo.
Penyajian makanan di resepsi pernikahan di Solo masih banyak yang menggunakan sistem ‘piring terbang’, dimana makanan diantarkan langsung kepada para tamu, bukan dengan cara prasmanan. Nah, salah satu yang disajikan adalah sup hangat, inilah yang kemudian membuat sop ini dinamai ‘Sop Manten’.
Isi dari sop manten ini hampir sama dengan sop kebanyakan. Namun, yang membedakan adalah adanya taburan keripik kentang yang membuat rasa sop ini semakin berwarna.

2. Selat Solo

Selat Solo (IG: @pojoksimbok)

Mendengar nama makanan ini, pasti yang ada di pikiran kamu adalah laut sempit yang memisahkan dua pulau. Tapi sebenarnya, nama ini sendiri berasal dari kata ‘Salad’, nama makanan western.
Selat Solo memang mendapatkan pengaruh besar dari bangsa Eropa, khususnya Belanda. Dimana kaum menengah memadukan steak daging dan salad. Jika steak dimasak dengan cara dipanggang, maka Selat Solo dimasak bersama bumbu rempah khas lokal, dan dipadukan dengan kuah khas dan rebusan kentang, wortel, dan kacang panjang.

3. Timlo

Timlo (IG: @hendrikyustanto)
 
Nama makanan ini memang serupa dengan nama grup musik komedi Indonesia, karena nama grup musik tersebut memang terinspirasi dari makanan khas Solo ini.
Pada dasarnya, Timlo merupakan sup yang berisikan irisan dadar gulung, bihun, telur pindang, sosis solo, ati ampela ayam, dan suwiran ayam goreng. Untuk kuahnya sendiri, teksturnya encer, bening, dan segar, mirip dengan tekwan, makanan khas Palembang.

Nah, itu dia makanan khas Solo dengan nama unik yang wajib kamu coba jika kamu berlibur ke Solo. Makanan lokal dengan cita rasa yang gak abal-abal.

Tidak ada komentar